Podjok.com
Potret Djokja

Toko Official Bakpia Podjok

Toko Official Bakpia Podjok

Hotel Harper Jl P Mangkubumi no 52 Yogyakarta (100m Selatan Tugu, Timur Jalan)

Call Centre : 0274 2920028

Pemesanan : 0818 0707 9999

Roaster & Bear

Roaster & Bear

Event Djokja Desember 2017

Event Djokja Desember 2017

Embung Tambakboyo

Bagi anda yang sedang berlibur di Yogyakarta dan ingin merasakan bersantai sambil menikmati segarnya pagi hari dan sejuknya sore di Yogyakarta. Yogyakarta memang memiliki banyak wisata air, salah satunya ada sebuah tempat wisata alternative baru, lokasinya tidak jauh dari RingRoad utara di daerah Condongcatur. Objek wisata ini berupa sebuah bendungan buatan (waduk) berukuran sedang. Warga sekitar lebih mengenalnya dengan nama Embung Tambakboyo.

Embung Tambakboyo merupakan salah satu waduk yang berada di wilayah Sleman, Yogyakarta. Lokasi waduk ini terletak diantara tiga Desa yaitu Condongcatur, Maguwoharjo dan Wedomartani. Embung Tambakboyo sudah ada sejak tahun 2008, awal pembangunan dimulai pada tahun 2003 dan berjalan selama 5 tahun. Embung Tambakboyo memiliki luas 7,8 hektar dan volume tampungan sekitar 400.000 m3. Fungsi utama dari waduk ini adalah cadangan dan resapan air tanah untuk warga Bantul, Sleman, Yogyakarta, sebagai sarana pengairan, dan cadangan air untuk PDAM dimasa mendatang. Namun dalam pengembangan waduk ini sering digunakan sebagai sarana rekreasi.

Nama Tambakboyo apabila diartikan secara harfiah, mungkin akan mengerikan. Tambak artinya kolam, sementara boyo artinya buaya. Entah darimana asal-muasal nama tersbut, yang pasti Embung Tambakboyo adalah tempat “pertempuran” antara aliran sungaiTambak Bayan dan sungai Buntung. Sementara kata Embung berasal dari bahasa Jawa yang dapat diartikan sebagai waduk. Bagi anda yang ingin datang ke Embung Tambakboyo, mungkin akan sedikit mengalami kesulitan menemukan lokasinya. Tidak seperti tempat wisata lainnya lokasi Embung Tambakboyo memang sedikit tersembunyi di balik perkampungan, apalagi jalan menuju pintu masuk pintu masuk haruslah melewati perumahan warga. Ada 2 jalur untuk masuk ke Embung Tambakboyo, jalan pertama melalui Pasar Condongcatur dan jalur kedua melalui Perempatan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta. Untuk mencapai kedua jalur tersebut kita harus melalui RingRoad Utara terlebih dahulu. Jalur kedua relatif lebih mudah karena selain tak banyak tikungan, yaitu pada perempatan UPN kita tinggal kearah utara kurang lebih 1 KM, lalu anda akan memasuki perumahan MBS. Jalan terus ke utara hingga ujung jalan ada belokan ke arah kanan, lalu kita belok ke arah kanan. Setelah kurang lebih 300M kita akan sampai di pintu masuk Embung Tambakboyo.

Loket retribusi dikelola secara swadaya oleh warga setempat. Biaya masuk sangat murah untuk banyaknya kegiatan yang bisa anda lakukan di sini untuk sepeda sebesar Rp 1.000,00 , untuk motor Rp 2.000,00 , dan untuk mobil Rp 3.000,00.

Waktu yang paling cocok untuk bersantai di Embung Tambakboyo adalah pagi dan sore hari. Saat pagi hari, biasanya dipenuhi oleh keluarga dan pemuda-pemudi yang berolahraga. Selain udara segar, pemandangan di Embung Tambakboyo memang  sangat cocok untuk kegiatan tersebut. Pada saat sang surya akan kembali ke peraduannya, suasana di Embung Tambakboyo pun mulai bermacam-macam. Ada yang duduk-duduk santai menikmati suasana sore hari, ada yang berolahraga seperti berlari, bersepeda, mendayung kano, dan lain-lain.

Bagi anda yang memiliki hobi memancing, Embung Tambakboyo dapat menjadi alternative baru bagi anda. Salah satu keistimewaan di Embung Tambakboyo, selain anda dapat memancing anda juga dapat menikmati suasana damai di Embung Tambakboyo. Di Embung Tambakboyo ini memiliki banyak jenis ikan yang hidup, seperti ikan nila, ikan lele, ikan gabus, ikan bawal, dan lain-lain, akan tetapi ikan nila lebih mendominasi di antara ikan-ikan lainnya.

Kegiatan memancing di Embung Tambakboyo hampir setiap hari dilakukan oleh para pemacing dari berbagai daerah, khususnya warga Yogyakarta dan sekitarnya.  Hampir setiap waktu aktifitas memancing dilakukan di Embung Tambakboyo. Waktu yang cukup ramai untuk memancing dilakukan pagi hari (antara jam 05.00 – 10.00 WIB), sore (antara jam 15.00 – 18.00 WIB) dan malam hari (jam 20.00 – 01.00 WIB). Biasanya para pemancing memiliki waktu dan tempat favorit masing-masing. Apabila anda merasa lapar, tidaklah perlu khawatir, karena di Embung Tambakboyo banyak warga sekitar yang membuka warung-warung dengan harga yang relative murah.

Gambar ini bisa saja memiliki hak cipta
Sumber : Kompasiana.com

Leave a Reply

Hotel Harper

Hotel Harper

Hotel Harper terletak di Jl P Mangkubumi No 52 Yogyakarta dan sangat strategis karena terletak di tengah kota hanya 100m selatan Tugu dan 500m Utara Malioboro.

Hotel yang sangat cocok untuk kamu yang sedang menikmati liburan di Kota Gudeg ini

Pistachio Bakery

Pistachio Bakery

Podjok Transport

Podjok Transport