Pantai Jogan Gunungkidul

Dipublikasikan oleh admin pada

Anda ingin menikmati guyuran air dari atas tebing? Berarti harus siap turun ke bawah dulu dengan dua pilihan cara yaitu, pertama melalui tehnik canyoning atau rappeling di air terjun. Cara ini tentunya memerlukan keberanian dan kemampuan serta harus didukung peralata agar dapat melakukannya. Kedua, dengan caara menapaki turunan yang licin dan basah. Haduh ngeri, tapi tenang saja, untuk menopang tubuh tersedia kayu-kayu pegangan. Meski begitu, tetap hati-hati yaa. Karenaa jalur Air Terjun Pantai Jogan Tepus Gunung Kidul sangat curam.

Untuk mencapai Pantai Jogan, bila dengan kendaraan beroda dua memerlukan waktu sekitar dua jam dari Jogja. Menyusuri jalanan aspal mulus, berkelok-kelok membelah perbukitan karst sebagai sisa lautan jutaan tahun silam.

Bila kita sampai di Pos Retribusi Pantai Siung, pertanda lokasi Pantai Jogan Jogja sudah dekat, sebab, sekitar 400 meter dari pos itu, akan terlihat papan kayu penunjuk arah menuju Jogan. Jalan aspal berganti menjadi jalan setapak yang akan memandu perjalanan selanjutnya. Tambah asyik lagi, anda akan di dampingi dengan dua sungai kecil di sisi kiri yang nantinya akan menyatu dan menjelma menjadi air terjun. Bila musim hujan, akan lebih eksotis penampakannya. Karena pada saat kemarau debit airnya sangat kecil, belum ditambah lagi dengan aktivitas penyedotan air untuk keperluan warga.

Pantai Siung terkenal akan lokasinya yang asyik untuk permainan panjat tebing. Selain itu, sebagai pilihan tempat camping yang paling seru. Anda bisa buktikan sendiri setiap malam minggu atau malam hari libur pasti banyak orang yang mendirikan tenda di tepi-tepi pantai siung.

Jarak dari Kota Wonosari Gunungkidul menuju ke pantai Siung sebenarnya tidak terlalu jauh, kalau anda mengikuti jalur utama atau dimulai dari Wonosari langsung ke arah selatan, sampai pertigaan Mulo ambil jalan arah kiri menuju pantai Siung jaraknya kurang dari 40 km.

Namun demikian waktu perjalanan bisa lebih lama karena jalan menuju ke pantai ini banyak sekali tikungannya, tajam pula mengikuti kontur tanah perbukitan di Gunung Kidul. Anda harus berhati-hati kalau mau berwisata ke Pantai Siung.

Alamat Pantai Jogan Gunung Kidul berada di daerah Tepus. merupakan satu pantai bertipe tebing yang cukup tinggi dan langsung tembus ke laut lepas, sama halnya dengan pantai lain yang berada di daerah gunung kidul. Akan tetapi, pantai ini memiliki satu keunikan tersendiri berupa air terjun di bibir pantai yang tingginya kurang lebih 12 meter.

Kategori: Pantai